Tuesday, February 16, 2021

Membahas Unique, Check dan Indeks

Membahas Unique, Check dan Indeks


UNIQUE

Pada dasarnya fungsi unique sama fungsinya seperti primary key, yaitu sebagai validasi agar tidak terdapat data yang sama atau ganda pada sebuah tabel, memastikan kolom yang ditandai sebagai primary key atau uniqe benar-benar data yang unik (berbeda satu sama lain). Yang membedakan antara keduanya yaitu primary key tidak mentoleransi adanya nilai NULL sedangkan uniqe dapat diisi dengan nilai NULL.

CHECK

Check adalah jenis constraint yang berfungsi untuk menyaring nilai yang hanya dapat diinput kedalam kolom tertentu di dalam sebuah tabel berdasarkan nilai yang sudah ditentukan, contohnya pada kolom golongan_darah yang dibatasi hanya boleh diinput nilau A, B, AB dan O. Maka jika kita coba memasukkan nilai selain A, B, AB dan O otomatis akan server akan menolak.

Namun MYSQL sendiri tidak mendukung pengoperasian dari tipe constraint Check, sebagai gantinya kita dapat menggunakan fungsi Enum pada sebuah kolom untuk menangai permasalah seperti yang tadi kita contohkan.

INDEX

Di dalam database yang memiliki banyak tabel dan saling berelasi, index menjadi suatu objek yang sangat penting. Index dapat membantu kita untuk mempercepat proses pengambilan, pengurutan dan pencarian data di dalam sebuah database. Jika kita mengatur sebuah kolom pada suatu tabel sebagai primary key, maka kolom tersebut sudah otomatis diidentifikasi sebagai index, namun kita juga masih bisa membuat index di kolom yang lain.

Data yang sudah ditandai sebagai index akan diurukan sesuai kolom index, dengan demikian proses pencarian dapat dilakukan lebih cepat jika dibandingkan tanpa menggunakan index. Pada dasarnya index harus terhubung dengan suatu kolom dalam sebuah tabel, atau dapat kita pahami bahwa sebuah tabel hanya dapat diindex jika terdapat kolom tertentu yang sudah ditandai sebagai index. Penggunaan index sangat dirasa manfaatnya pada terutama saat kita menggunakan query JOIN yang menghimpun data dari banyak tabel.

Sumber referensi :
Buku : "Belajar Otodidak MySQL (Teknik Pembuatan dan Pengelolaan Database)"
Penulis : Budi Raharjo
Penerbit : Informatika - Bandung
Praktek : Mohammad Fazlurrahman

0 comments:

Post a Comment